Huawei Luncurkan Chip Mobile AI Kirin 970

Chipset Kirin 970

Medangreen.com, Berlin - Pada hari Sabtu, 2 September 2017, pembuat ponsel Cina Huawei meluncurkan chipset ponsel kecerdasan buatan (AI) pertamanya, yang diharapkan akan menarik pelanggan dari membeli ponsel iPhone mendatang, iPhone 8.

Chip itu direncanakan akan meluncur pada perangkat paling kuat Huawei, Mate 10, pada bulan depan, menurut Nikkei Asian Review, sebagaimana dikutip Macrumors, Minggu 3 September 2017.

Huawei menyebut chipset mobile AI Kirin 970 memiliki "unit pengolahan saraf" pada pameran dagang IFA di Berlin. Perusahaan itu juga mengklaim teknologi chip ini "20 kali lebih cepat" daripada prosesor tradisional.

"Kirin 970 lebih cepat, lebih baik dan lebih aman daripada yang ada di pasaran. Ini adalah teknologi terbaru dan ini adalah chip pertama yang memiliki unit pengolahan saraf di dalamnya, yang 20 kali lebih cepat dari unit pengolah pusat," kata Richard Yu, kepala kelompok bisnis konsumen Huawei.

"Ini adalah terobosan besar bagi Huawei. Kami akan mendukung penggunaan teknologi AI pertama di aplikasi seluler, dan memberi pengalaman AI yang belum pernah terlihat sebelumnya kepada konsumen di telapak tangan mereka," tambahnya.

Pembuat smartphone terbesar ketiga di dunia ini mengklaim bahwa perangkat mobile yang digerakkan oleh Kirin 970 akan dapat "benar-benar mengenal dan memahami penggunanya", dengan mendukung pengenalan gambar, interaksi suara, dan fotografi cerdas seketika dengan mudah.

"Dibandingkan dengan Samsung dan Apple, kami memiliki kelebihan," kata Yu dalam wawancara dengan Reuters. "Pengguna berada dalam performa fitur yang lebih cepat, masa pakai baterai lebih lama dan desain yang lebih ringkas."

Menurut Nikkei, Kirin 970 mengintegrasikan 5,5 miliar transistor dalam satu sentimeter persegi, seukuran kuku ibu jari, yang mencakup unit pemrosesan inti octa core, unit pemrosesan grafis 12 core, prosesor sinyal gambar ganda, modem berkecepatan 1.2Gbps Cat.18, dan arsitektur komputasi mobile AI.

Huawei Kirin 970 disebut berbasis pada teknologi 10 nanometer yang sama dengan prosesor A10X Fusion milik Apple dan prosesor A11 yang akan memperkuat jajaran iPhone 8, yang akan diluncurkan bulan ini.

MARUMORS | ERWIN Z
Labels:

Post a Comment

[disqus][facebook][blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget